Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat

Jumat 15th, Februari 2019 / 06:26 Written by

Jasa pinjaman tanpa jaminan dan syarat cuma KTP memang sangat menarik. Pasalnya kalau kita pilih produk KTA bank prosesnya lebih ribet. Belum lagi persyaratan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang seabrek. Ada yang harus pakai kartu kredit, NPWP, sampai slip gaji. Untungnya saat ini telah hadir perusahaan Fintech P2P Lending yang memudahkan kita memperoleh pinjaman uang tunai. Bahkan ada lho fintech yang menawarkan pinjaman tanpa NPWP dan slip gaji 1 jam cair. Pinjaman uang online memang memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan dibandingkan KTA di bank manapun. Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui tentang kedua pinjaman tersebut.

pinjaman online tanpa jaminan dan syarat

1. Ketentuan Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat

Sudah jadi rahasia umum kalau syarat pengajuan pinjaman online lebih mudah dibandingkan syarat pinjaman KTA bank. Mayoritas pinjaman fintech bisa diajukan hanya dengan syarat Kartu Tanda Penduduk atau KTP saja.

Beda halnya jika Anda mengajukan KTA, dimana harus menyiapkan syarat yang lebih ribet. Selain harus menyiapkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP anda juga harus menyiapkan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, Slip Gaji, dan Kartu Kredit.

Dilihat dari ketentuan pengajuan, pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat lebih unggul karena hanya membutuhkan KTP. Sedangkan syarat KTA di Bank lebih banyak.

Baca: Pinjaman Tanpa Slip Gaji

2. Biaya Administrasi Pinjaman Tanpa Syarat Lebih Besar

Pinjaman fintech dan Kredit Tanpa Agunan memang sama-sama menerapkan biaya yang dikenakan bagi debitur.

Jika dalam KTA beberapa biaya yang dikenakan diantaranya seperti biaya provisi atau biaya administrasi pada saat pencairan dana. Lalu ada juga biaya tahunan, biaya penalti pelunasan dipercepat, dan denda keterlambatan pembayaran.

Sementara itu, biaya pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat melalui platform fintech biasanya lebih beragam. Ada yang menerapkan biaya administrasi atau biaya layanan pada saat pencairan dana. Selain itu ada diantara perusahaan fintech yang juga menerapkan biaya platform, biaya partisipasi, penalti pelunasan dipercepat, denda keterlambatan, dan biaya mitigasi risiko.

Secara logika, pinjaman uang yang diberikan cuma dengan syarat Kartu Tanda Penduduk atau KTP tentu memiliki risiko lebih besar. Hal ini berdampak pula terhadap akumulasi biaya besar pula.

Namun demikian, keunggulan biaya antara fasilitas KTA dan pinjaman online tanpa jaminan dan syarat tidak bisa kita deskripsikan begitu saja. Pasalnya masing-masing bank dan platform pinjaman uang online memiliki ketentuan berbeda-beda.

Maka dari itu, jika ingin mengetahui besar kecilnya biaya dalam menentukan lebih unggul yang mana, kita harus bandingkan satu per satu produk bank dan pinjaman tunai dari platform tertentu.

Baca: Pinjaman Kilat 10 Juta Tenor Sampai 6 Bulan

3. Suku Bunga Pinjaman Tanpa Syarat Lebih Tinggi

Bunga pinjaman KTA jauh lebih murah dibandingkan dengan bunga pinjaman online. Meski beberapa fintech menawarkan bunga pinjaman murah. Namun jika kita hitung secara seksama, ternyata pinjaman uang online bunganya gede banget.

Umunya, produk KTA perbankan ditawararkan dengan bunga tahunan dan tidak lebih dari 24 persen per tahun. Itu artinya bunga KTA Bank tidak lebih dari 2 persen per bulan.

Tidak setara bunga KTA, mayoritas layanan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat menerapkan suku bunga harian. Bahkan bisa sampai 1 persen per hari.

Bayangkan saja jika Anda pinjam uang Rp 3 juta selama sebulan. Tiap hari harus bayar bunga Rp 30.000 dan pada akhir jatuh tempo bunga yang harus Anda bayarkan Rp 900 ribu plus pinjaman pokok. Wow pantesan aja banyak yang terjerat pinjaman fintech.

Urusan bunga dan biaya, KTA lebih unggul dibandingkan layanan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat dari fintech P2P lending.

Baca: Tabel Angsuran KTA Bank Amar

4. Tenor atau Jangka Waktu Pembayaran Pinjaman KTA Lebih Lama

Fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari bank biasanya ditawarkan dengan tenor atau jangka waktu pembayaran mulai 12 bulan hingga 36 bulan. Bahkan ada beberapa perbankan yang berani memberikan tenor hingga 5 tahun khusus bagi nasabah payroll. Itu artinya pembayaran pinjaman dan biaya dicicil selama tenor yang diambil.

Sedangkan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat mayoritas ditawarkan dalam jangka waktu pendek mulai 7 hari, 14 hari, atau 30 hari saja. Itupun harus dibayar sekali lunas dimana peminjam wajib membayar pokok pinjaman dan biaya sekaligus.

Meski demikian, saat ini beberapa fintech ada yang menawarkan pinjaman dengan angsuran bulanan mulai 3-6 bulan. Lagi-lagi poin tenor atau jangka waktu pembayaran KTA lebih unggul.

Baca: Pinjaman Online Yang Bisa Dicicil

5. Plafon Kredit atau Jumlah Pinjaman KTA Lebih Besar

Baik KTA maupun pinjaman online memang sama-sama ditawarkan tanpa jaminan. Kendati demikian plafon kredit yang diberikan antara keduanya sangat jauh berbeda.

Plafon kredit atau jumlah pinjaman KTA Bank ditawarkan hingga ratusan juta. Anda bisa pinjam uang tanpa jaminan dengan nominal Rp 100 juta. Misalnya saja KTA DBS yang diberikan dengan plafon hingga Rp 300 juta.

Beda jauh dengan KTA, plafon kredit atau jumlah pinjaman online diberikan sangat terbatas. Meski ada yang berani memberikan pinjaman sampai Rp 20 juta namun rata-rata fintech P2P Lending hanya menawarkan Rp 500 ribu sampai Rp 8 juta saja. Ya namanya juga pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat, mana berani kreditur ngasih plafon besar.

Dari perbandingan di atas, pastinya KTA Bank jauh lebih unggul dan memungkinkan anda ajukan dengan nominal lebih besar.

6. Proses Pencairan Dana Pinjaman Tanpa Jaminan dan Syarat Lebih Cepat

Dibandingkan KTA bahkan produk kredit bank apapun, proses pencairan dana pinjaman online lebih unggul. KTA Bank biasanya membutuhkan waktu 7 sampai 14 hari kerja sampai dana cair. Sedangkan pinjaman uang online pencairan dana bisa dilakukan lebih cepat.

Mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) membuat fintech jauh lebih efisien dalam memberikan persetujuan kredit. Umumnya proses pengajuan hingga pencairan dana pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat hanya butuh tiga hari untuk pengajuan pertama. Proses tersebut bisa jauh lebih cepat bagi yang sudah pernah pinjam. Bahkan beberapa fintech ada yang menjanjikan pencairan dana dalam hitungan menit saja.

Baca: KTA Online Tanpa Kartu Kredit

7. Kredibilitas Kreditur atau Pemberi Pinjaman

Jika Anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan di salah satu Bank ternama, sudah pasti tidak perlu ragu akan kredibilitas perbankan tersebut. Karena seluruh bank di Indonesia saat ini sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sedangkan saat memilih fintech P2P Lending sebagai sarana memperoleh pinjaman tanpa jaminan dan syarat perlu lebih waspada. Pasalnya belum semua fintech di Indonesia telah terdaftar di OJK.

Tips Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat Cuma KTP

Khusus bagi Anda yang hendak pinjam uang online melalui fintech perlu lebih waspada. Berikut beberapa tips sebelum mengajukan pinjaman tanpa syarat ribet.

A. Pilih Fintech yang Sudah Terdaftar OJK

Mendeskripsikan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat tentunya tidak bisa kita pukul rata. Masing-masing platform dan perusahaan memiliki ciri dan keunggulan berbeda. Tips pertama yang tidak boleh ditinggalkan sebelum mengajukan pinjaman online yakni memilih platform atau perusahaan terdaftar OJK.

OJK sebagai Otoritas Jasa Keuangan memiliki peraturan dan regulasi dalam menentukan fintech P2P lending yang layak. Saat ini telah ada hampir ratusan Fintech terdaftar OJK sehingga lebih memudahkan Anda memilih salah satu diantaranya.

Dengan terdaftarnya fintech pada OJK, setidaknya perusahaan tersebut akan konsekuen terhadap peraturan yang ada. Mulai dari penerapan bunga hingga cara dan metode penagihan pinjaman.

B. Pengalaman Mengajukan Pinjaman Tanpa Syarat

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting dilakukan sebelum mengajukan pinjaman uang online tanpa syarat yakni mencari tahu pengalaman orang lain. Anda bisa dengan mudah mendapatkan curahatan maupun surat terbuka bagi penyelenggara fintech yang dituliskan peminjam.

Kenali prosedur penagihan dan penerapan denda keterlambatan pembayaran yang dilakukan. Sebisa mungkin hindari aplikasi pinjaman tunai yang meminta izin untuk dapat membaca data kontak ponsel.

Pasalnya sudah banyak kasus penagihan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang kurang berkenan bagi peminjam. Misalnya saja penagihan dilakukan dengan menelepon atau sms ke teman kerja, bahkan atasan kerja.

C. Ajukan Pinjaman dengan Nominal Terkecil

Bagi Anda yang baru pertama kali pinjam uang online. Ada baiknya memilih plafon pengajuan terkecil, atau setidaknya jangan besar-besar. Selain memiliki kesempatan disetujui lebih besar mengajukan pinjaman dengan nominal paling kecil bisa menambah reputasi dan skor kredit Anda di kemudian hari.

Dengan mengetahui keunggulan serta tips mengajukan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat di atas apakah Anda masih berminat mengajukan dana tunai?

Overall Score3.5
  • Syarat Pengajuan Mudah
  • Limit Pinjaman
  • Pengajuan Cepat
  • Bunga & Biaya Pinjaman
  • Pengajuan Online

About the author

Mengawali karier sebagai seorang Marketing KTA memaksa saya harus terjun ke dunia digital hingga terdampar di sini. Simak terus tips dalam coretan saya di hiduphemat.com.

View all articles by Hiduphemat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *